25 December, 2019 #Tips & Toturial

Tips Ketika Situs Anda Terkena Serangan Hacker

System Administrator

Yah memang mengesalkan saat website anda terkena serangan oleh orang usil, apalagi website anda itu adalah salah satu mata pencaharian anda, entah toko online, blog ataupun yang lain karena akan menghambat usaha anda.

Akan lebih menyebalkan lagi anda tidak memiliki keahlian untuk mengatasi hal. Namun kekesalan anda akan sedikit berkurang setelah membaca tips-tips dibawah ini:

Hubungi Penyedia Layanan

Apabila anda tidak mempunyai akses sama sekali pada server anda, silahkan hubungi administrator server terkait ataupun meminta bantuan langsung pada penyedia layanan website anda untuk mengatasi masalah ini.

Namun apabila anda memiliki akses pada server anda sendiri, anda bisa melanjutkan tips selanjutnya.

Matikan Situs (Maintenance Mode)

Ini bertujuan untuk memblokir visitor yang datang selagi kita mencari sebab situs anda terkena serangan hacker. Kenapa harus dimatikan ? karena bisa saja bisa mempengaruhi website lain yang satu server dengan web anda.

Mengubah Password

Rubahlah password terkait situs anda, misalnya password panel hosting. Kenapa hal ini harus dilakukan? karena tidak menutup kemungkinan serangan bermula dari lemahnya password yang anda buat, sehingga hacker dengan mudahnya bisa mendapatkan password anda. Entah dengan cara brute force atau menyadap.

Gunakanlah password yang kuat dengan kombinasi huruf dan angka juga karakter spesial lainnya. Langkah ini juga untuk bertujuan untuk menghambat aksi hacker kedepannya nanti.

Singkirkan File Mencurigakan

Carilah dan singkirkan file-file yang mencurigakan dari server anda, biasanya hacker akan memasang shell backdoor (pintu belakang) pada situs-situs yang diserangnya untuk sewaktu-waktu akan dimasukinya kembali melalui backdoor ini tanpa harus pusing dengan proses hacking lagi.

Untuk hal ini anda bisa menggunakan bantuan alat scanner seperti clamav, clamwin ataupun scanner lainnya untuk mencari file yang mencurigakan.

Identifikasi & Perbaikan

Sebelum melakukan restore program anda, identifikasilah serangan yang dilakukan oleh hacker dengan memeriksa log pada server atau program anda. Dengan tahu penyebabnya, anda akan mudah untuk melakukan patching untuk menambal lubang kerentanan pada program anda.

Restorasi

Apabila sudah dilakukan perbaikan pada kerentanan program yang anda pakai dan sudah menghapus file yang berbahaya. Anda bisa melakukan restorasi data situs yang anda punya dan situs anda siap untuk ditayangkan kembali.

Kesimpulan

Kita mungkin tidak akan tahu pasti kapan situs yang dikelola akan mengalami serangan oleh hacker. Namun kita bisa meminimalisir serangan dengan melakukan pembaharuan pada program yang dipakai dan melakukan backup data secara berkala untuk meminimalisir kehilangan data yang lebih besar.

0 Comments on Tips Ketika Situs Anda Terkena Serangan Hacker

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You Might Be Interested In