MySQL adalah perangkat lunak sistem manajemen basis data atau DBMS yang sangat populer dibawah lisensi GPL dengan jumlah pengguna lebih dari 6 juta. mysql populer karena gratis dan mudah digunakan, tidak heran banyak penyedia layanan hosting menjadikan MySQL ini sebagai default untuk mengelola database.

Namun apa jadinya apabila mysql server performanya menjadi lambat yang disebabkan oleh penggunaan resource server mysql yang telalu besar, ada baiknya anda melakukan optimasi pada mysql anda sebelum mengupgrade server ke yang lebih besar spesifikasinya.

Namun apa jadinya ketika anda tidak begitu mahir dalam hal optimasi mysql, mungkin akan kesulitan untuk optimasi. Tenang, anda tidak perlu khawatir lagi, dengan satu script program bernama MySQLTuner, anda akan dimudahkan untuk optimasi database server.

MySQLTuner adalah sebuah script Perl yang akan menganalisa performa database MySQL/MariaDB, dan dari hasil analisa tersebut, MySQLTuner akan memberikan rekomendasi variabel mana saja yang harus dinaikkan atau diturunkan, guna menaikkan performa.

Cara penggunaan script ini sangatlah mudah, berikut langkah-langkah optimasi:

wget https://raw.githubusercontent.com/major/MySQLTuner-perl/master/mysqltuner.pl
perl mysqltuner.pl --user username --pass password
MySQL Tuner

Setelah proses selesai, anda akan mendapatkan rekomendasi konfigurasi untuk optimasi database lebih lanjut seperti contoh dibawah ini.

MySQL Tuner Recommendation

Disitu tertera ukuran ideal untuk innodb_log_file_size. Kalian bisa atur di /etc/mysql/my.cnf, atau di MariaDB ada di /etc/mysql/mariadb.conf.d/50-server.cnf

MySQL/MariaDB Config

Intinya tinggal kalian sesuaikan saja rekomendasi dari MySQLTuner ke file konfigurasi MySQL atau MariaDB.

Jangan lupa restart MySQL atau MariaDB kalian.

service mysql restart

Jalankan kembali MySQLTuner untuk melihat apalagi yang perlu dirubah atau disesuaikan.

Sangat mudah bukan? apabila ada pertanyaan terkait artikel ini, silahkan tinggalkan komentar dibawah.