30 December, 2019 #Tips & Toturial

Aspek Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Distribusi Linux

Linux Cube

Ada sekian banyak nama distro Linux, dari yang populer sampai yang tidak begitu populer. Ini menyebabkan anda akan kebingungan untuk memilih Distro Linux yang pas untuk anda.

Sebenarnya semua distro cocok untuk anda, namun melihat dari segi fungsi yang ditonjolkan dan dibutuhkan oleh anda sehingga kita perlu melakukan pemilihan distro yang dirasa tepat.

Aspek Tampilan

Seperti manusia pada umumnya, kita pasti akan melakukan sorting yang pertama yaitu pada tampilan, karena tampilan lah yang pertama kali kita lihat. Pasti yang paling menarik yang akan membuat kita memilihnya.

Maksud saya yang paling menarik bukan hanya sesuatu tampilan yang berwarna-warni, cetar membahana. Tapi ada juga yang menilai dari kesederhanaan, dan lain-lain sesuai dengan sudut pandang kalian masing-masing.

Aspek Fungsi

Setelah melakukan pemilihan pada tampilan, lakukanlah pemilihan berdasarkan fungsinya. Misalkan anda seorang penggiat IT seperti Pentester pasti anda membutuhkan distro linux yang sesuai dengan kebutuhan anda, yaitu distro linux yang berisi alat-alat pendukung pekerjaan anda. Mana mungkin anda akan memilih distro linux yang berbanding terbalik dengan kebutuhan, itu akan membuat anda tidak maksimal dalam pekerjaan.

Aspek Pengalaman

Lakukanlah pemilihan distro yang sesuai dengan kemampuan anda, misalkan anda seorang pemula, tidak dianjurkan menggunakan distro linux yang dirancang untuk tingkat tinggi. Dikhawatirkan anda akan kerepotan ketika menemukan sesuatu yang salah, namun tidak menutup kemungkinan anda akan beralih distro ke tingkat yang lebih lagi apabila anda cukup bisa dalam mengoperasikannya.

Aspek Kesesuaian Perangkat Keras

Ini sudah hal lumrah yaitu kecocokan antara sistem operasi anda gunakan dengan hardware yang anda punya, ini akan sangat merepotkan apabila anda mengunakan distro Linux yang membutuhkan spesifikasi yang tinggi namun Hardware anda punyai berbanding terbalik, ini akan menyebakan crash, lamban dan lain sebagainya.

Apabila perangkat anda termasuk dalam kategori spesifikasi rendah ataupun tua, baiknya anda menggunakan distro yang memang dirangang untuk mesin yang lama.

Aspek Dukungan

Hal yang terakhir yang wajib anda pertimbangkan adalah dari segi dukungan. Tidak menutup kemungkinan anda akan menemukan masalah dalam mengoperasikan sistem operasi ini. Anda mungkin tidak bisa mengatasinya sendiri, maka carilah distro yang banyak komunitasnya, seperti Ubuntu dan Debian.

0 Comments on Aspek Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Distribusi Linux

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You Might Be Interested In